Artikel

Babyclub, Pasukan Kurang Tidur

Rabu, 04 Maret 2015 | 21:09:00

Di Jogja banyak sekali komunitas didirikan, diantaranya adalah komunitas unik “Jogja Endang Club” yang syarat anggotanya adalah perempuan bernama Endang; dan masih banyak komunitas lain.

Kali ini saya ingin menulis salah satu komunitas yang menurut saya juga cukup unik, yaitu komunitas yang  bernama “BABYCLUB”

Komunitas apa sih Babyclub itu ?

Babyclub atau kadang sering disingkat juga dengan BBC yang kepanjangannya adalah Bangirejo Bicycle Club adalah klub/komunitas bersepeda.

Komunitas ini sebenarnya sudah lama ada hanya saja mempublikasikannya secara resmi  baru sekitar Akhir tahun 2012 yang ditandai dengan launching fans page nya yang juga bernama Bangirejo Bicycle Club dengan admin Pak Dodinho Priaanggo atau yanag disebut pak RT, Sdr Arl Joe dan Sdr Seprinda N Pranditya.

Kenapa saya bilang unik ?

Sesuai judul tulisan diatas yaitu pasukan kurang tidur, komunitas ini memang terbiasa kurang tidur saat akan melakukan kegiatan bersepeda ke suatu tempat yang selalu di agendakan secara rutin pada setiap bulannya, sebagai contoh saat akan pergi bersepeda ke umbul ponggok klaten yang berjarak hampir 100 km pulang pergi pada hari minggu tanggal 15 Pebruari 2015 yang lalu, hari sabtunya kebanyakan dari mereka tidak tidur cukup. Mengapa demikian ?

Karena mereka takut bangun kesiangan, maka mereka justru tidak bisa tidur dengan nyenyak, bahkan diantara mereka ada beberapa yang “numpang” tidur di warnet dengan bareng bareng agar siapa yang bangun duluan akan membangunkan yang lain, tapi pada prakteknya mereka justru malah saling ngobrol hingga larut malam dan tidur bila sudah merasa cukup berbincang diantara mereka dan lelah.

Lalu, mengapa mereka beegitu takut bangun kesiangan ?
Ya, mereka takut bangu kesiangan karena jadwal start bersepeda mereka dengan satu tujuan tertentu sekitar jam 04.00 atau kadang mundur sedikit sekitar jam 05.00 ...

Diantara Anda yang membaca pasti ada pertanyaan, lalu apa pagi harinya saat mereka melakukan perjalanan bersepeda tidak berpengaruh sama sekali ?

Sepanjang yang kegiatan bersepeda mereka yang saya ikuti, mereka tetap menikmati dengan biasa saja, walau dalam perbincangan mereka selalu diselingi dengan kata-kata atau kalimat tentang waktu kurang tidur meraka semalam sambil saling olok dan tertawa lepas bersama  ...

Jujur saja, saat mengikuti mereka melakukan bersepeda, karena saya tidak bisa menyesuaikan waktu banagun dan berangkat mereka, bila saya kebetulan tidak ada acara bersepeda, saya selalu menyusulnya belakangan, akan tetapi dengan memakai sepeda motor.

Satu catatan, meski mereka bersepeda, dan saya memakai motor, daya tahan tubuh mereka terutama saat menahan lapar, lebih kuat dari pada saya, sehingga pernah dalam suatu kesempatan saya sedikit memaksa mereka untuk berhenti dan mengajak mereka makan siang, karena waktu juga sudah menunjukkan jam 12.00 lebih, waktu diamana perut harus diisi ...

Mengenai tujuan kegiataan bersepeda mereka setiap bulan sanagat bervariasi, diantaranya Candi Ijo, Taman Buah Mangunan yang terkenal dengan tanjakannya. Curug sampang perbatasan Klaten dan Gunung Kidul yang jalurnya cukup sulit untuk dicari, dan masih banyak lagi.

Saat BBC gowes bareng dengan Komunitas Prambanan Ngepit di Candi Ijo

di sebuah bukit ditengah perjalanan menuju taman buah Mangunan

Selalu saja ada cara melepaskan lelah dengan becanda lepas diantara mereka

Pernah juga dengan tujuan yang lebih ekstrim yaitu ke Gua Kiskendo, dimana dalam perjalanannya, ada terrjadi kecelakaan kecil yang mangakibatkan salah satu mereka mengalami kesakitan.

Itulah keunikan dan ketangguhan person person komunitas / klub sepeda yang bernama Babyclub, dimana keunikan tersebut juga dilembangkan dalam sebuah gambar di kaos mereka yang bertuliskan PKT singkatan dari Pasukan Kurang Turu.

Namun dibalik semua itu, kiprah mereka saat ada kegiatan anak anak muda Jogja dalam mewujudkan Jogja yang lebih baik juga patut diacungi jempol. Mereka adalah salah satu komunitas yang kompak dan bekerja dengan kesungguhan saat diserahi tanggung jawab.

Sangat panjang untuk menjelaskan apa saja yang mereka kerjakan untuk hal diatas. Namun satu hal yang saya menjadi pelajaran saya, bahwa fisik mereka, semangat mereka, sangat patut untuk saya acungi jempol dan saya jadikan contoh.

Perlu diketahui juga, komunitas ini sangat terbuka bagi siapa saja ataupun komunitas manapun yang ingin ikut bergabung bersepeda dengan mereka.

Anda ingin tahu lebih banyak tentang mereka dan ingin bersepeda bareng dengan mereka ?
Silahkan bergabung dan bersepeda bersama pada hari Minggu tanggal 15 Maret 2015 dengan tujuan Belik Bei kayangan, sebuah pemandian dengan pemandangan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Dan, selain membawa peralatan sepeda, bekal, jangan lupa pula membawa peralatan renang ...
Salam gowes!

Selalu saja ada suasana syahdu untuk menata napas dan mengembalikan tenaga ...

Komentar Untuk Berita Ini (1)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas