Artikel

Bravo 3 tahun GNC

Kamis, 21 Mei 2015 | 00:00:00

Setelah beberapa saat yang lalu saya menulis tentang Babyclub, Pasukan Kurang Tidur “BBC” kali ini saya ingin mencoba membahas satu klub sepeda lagi yang keberadaannya sudah cukup lama, yaitu “GNC”.

GNC atau Godean Ngepit Community berdiri tepatnya apada tanggal 29 April 2012 atau tepat tiga tahun pada bulan yang lalu. Adapun pencetus GNC adalah Sdr. Putra Perdika Siwi yang juga merupakan penggowes ampuh fixegearnya malang melintang mnempuh perjalanan bersepeda baik jarak sedang maupun jauh, baik jalan datar maupun tanjakan berkelok. Selain Sdr Siwy ada juga nama nama mas Agus Pinochet Mas Dhani Mandan dan mas Burhanudin sebagai pengurus inti GNC

Adapun perjalanan merekrut anggota dimulai dengan diikuti sekitar 7 orang dan setelah berjalan sekitar 2 tahun yang ikut bergabung GNC sekitar 90 pesepeda. Adapun untuk melakukan komunikasi antar anggota selain berbicara langsung saat bertemu juga memergunakan media yang sangat mudah dijangkau tanpa bertemu yaitu media sosmed, tepatnya Facebook. Dan berdasarkan catatan hitungan di Facebook GNC yang ikut bergabung sekitar 3000 orang walaupun akhir akhir ini yang aktif sekitar 20 .

Awal perekruutannya pun tidak begitu mudah, yaitu dengan mencoba membikin selebaran/pamflet yang dibagikan di jalan sekitar kampung GNC hingga kemudian penyebaran infonya dikembangkan melalui FB.

Untuk menjaga kekompakan selalu ada komunikasi dengan cara berkumpul pada setiap bulannya dengan membahas tujuan termasuk rutenya yang akan dilakukan bulan depan. Agar diskusi saat berkumpul cair, pembicaraannyapun tidak formal, sekedar nongkrong sambil makan minum ringan seadanya. Dan, barangkali inilah yang membuat GNC bertahan hingga 3 tahun.

Rahasia lain GNC tetap eksis adalah dengan sering mengunggah hasil “gowes” di Grup. Dalam hak ini mas Siwy  mengaku bahwa meski foto fotonya yang diunggah di Grup FB  sangat sederhana, namun bisa membuat penasaran sehingga ada yang ingin bergabung karena melihat unggahan foto tersebut sangat menarik karena terlihat ada kegembiraan dan kebersamaan sehingga sering ada yang berkomentar untuk memberitahu bila akan ada gowes lagi.

Sebuah catatan, menurut saya, hasil foto foto mas Siwy meskipun menggunakan alat yang sederhana hasilnya membuat saya selalu berdecak, terutama saat gowes sendiri,  foto foto silhuetnya begitu indah dan syahdu; sehingga saat melihatnya, seolah angan kita dilambungkan keatas awang, duerr ! he he

(Bila Anda penasaran dan ingin melihat foto foto silhuet mas Siwy, saya akan mencoba mengunggahnya di web saya pada tulisan saya yang akan datang tentang profil mas Siwy, pesepeda tangguh yang sangat saya kagumi)

Apabila Anda penasaran dan ingin bergabung dengan teman teman GNC bisa melihat jadwalnya di Grup GNC yang selalu memberikan informasinya secara rutin pada setiap bulannya, hanya saja tanggalnya tidak terikat pada tanggal tertentu melinkan ditetapkan pada malam minggu atau minggu pada setiap bulannya.

Mengenai jarak tempuh “gowes” nya selalu berbeda; apabila malam minggu hanya sekedar putar putar di wilayah dalam kota akan tetapi apabila hari minggu pagi biasanya jarak tempuhnya lebih jauh.

Mengenai jarak tempuh yang jauh ataupun dekat, bagi anggotanya  tidak begitu mempengaruhi dalam jumlah yang ikut, karena semua tergantung apakah saat kegiatan bersepeda GNC diadakan berbarengan dengan dengan jadwal/acara para anggotanya tidak.

Jarak jauh yang pernah di tempuh bersama adalah pantai Glagah pada saat GNC ulang tahun pada bulan April yang lalu, meski jauh kesannya tetap menyenangkan dan asyik asyik saja. Apalagi saat itu dengan bermalam disana.

Apabila ada permasalahan diajalan biasanya semua berhenti untuk memperbaiki kerusakan terlebih dahulu sambil dipergunakanuntuk beristirahat sejenak. Hanya saja untuk meminimalisir kejadian tersebut, sebelum berangkat selalu diingatkan untuk cek terlebih dahulu kondisi sepeda. Tidk lupa juga kesehtan para pesert juga diperhatikan, apabila kondisi tidak fit atau sakit sebaiknya tidak dipaksakan untuk ikut, karena masih ada kesempatan lain, sehingga saat perjalanan terkondisikan dengan sepeda dan badan yang benar benar siap.

Selain hal tersebut ada kesepakatan saat bersepeda dianjurkan untuk sopan berkendara, tidak arogan agar bisa meminimalis permasalahan.

Satu hal, saat saya ajak bergabung bersepeda dengan klub yang saya koordinir, teman teman GNC selalu menanggapinya dengan suka cita, mereka selalu datang dengan personil yang cukup lumayan banyak menurut saya, yaitu sekitar 15 hingga 20 orang, mereka sangat terbuka untuk bisa saling bertemu dan bersepeda bersama siapapun dan klub manapun.

Saat saya undang untuk datang ke rumah sayapun mereka bilang siap, namun saya yang belum siap karena waktunya masih mencari yang tepat ha ha ha

Mari berwisata dengan murah

Selain murah, berwisata dengan sepeda juga menyehatkan dan  penuh gaya!

~ Selamat ulang tahun yang ke 3 GNC

Salam Gowes!

Foto foto diambil dari album happy beach day 3 tahun GNC

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas