Artikel

Desaku Memang Eksotis!

Minggu, 22 Mei 2016 | 00:00:00

Dibawah kepemimpinan Bapak Lurah Susilo Dipo Nugroho, lurah yang sudah dua kali terpilih, yang kebetulann juga mempunyai hobi bersepeda dengan mendirikan klub sepeda Blegoc Gowes, kelurahan Tegaltirto terilhat begitu maju perkembangan daerahnya.
Beliau begitu perhatian terhadap lingkungan, adat dan budaya dengan sering menggelar berbagai seni lokal di daerah Tegaltirto yang dipimpinnnya sehinga tidak heran apabila beliau terpilih kembali menjadi Lurah untuk yang kedua kali.
Banyak gagasan dan inovasi yang beliau cetuskan diantaranya yang terakhir adalah dibuatnya sebuah tempat wisata alam yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum yang pada dampak positif lainnya adalah mengeliatnya roda perekonomian desa setempat.


Adapun tempat wisata baru yang rencananya akan diresmikan oleh Gubernur DIY pada hari Selasa tanggal 31 Mei 2016 tersebut adalah pembuatan sebuah tempat wisata air yang mempergunakan potensi alam yang ada yaitu berupa embung, yaitu embung Tegaltirto yang ada beberapa orang desa di sekitar kadang menyebutnya dengan Embung Candirejo karena letak embung tersebut berada di Desa Candirejo.


Fasilitas wisata air tersebut adalah berupa kapal kapalan yang bisa disewa oleh masyarakat umum.
Adapun tarif yang dikenakan adalah untuk kapal dengan bentuk semacam sepeda yang dikayuh dalam air Rp 20.000,- double sepeda dan Rp 15.000,- untuk Single sepeda dan kapal bebek, dengan batas dua kali putaran luas embung. Namun apabila sepi diperbolehkan untuk menambah satu dua putaran, menyesuaikan kondisi peminat.
Saat saya berada dilokasi animo masyarakat ternyata sudah begitu tinggi sehingga saya yang ingin menyewa harus bersabar untuk menunggu giliran/antrian.
Fasilitas lain di Embung Kalitirto adalah beberapa gasebo yang bisa dipergunakan sebagai tempat beristirahat dan berteduh bagi para wisatawan yang juga lumayan bagus untuk dijadikan semacam properti tambahan bagi yang mempunyai hobi photographi.


Namun menurut saya apabila masyarakat sekitar yang ingin membuka lapak dagangannya akan lebih baik bila ditata sedemikain rupa sehingga lapak dagangannya justru membuat pemandangan sekitar jadi tidak lagi enak dipandang. Seperti ada beberapa yang saya lihat lapak lapak yang berjejer dengan gasebo yang pada saat saya ingn mencoba mengambil gambar, saya sedikit kesulitan untuk mengambil sudut pandang yang pas.
Apalagi bila lapak yang ada semakin bertambah, saya khawatir nanti justru akan terlihat kotor atau terkesan kumuh, yang akan kontras dengan fasilitas tempat sampah yang memang sudah disediakan dengan baik.

Tapi, selebihnya dari itu, saya cukup puas mempunyai tempat wisata di desa saya yang lumayan bagus untuk menghilangkan kepenatan di udara luas terbuka, sebuah tempat wisata air di desa saya yang bagi saya lumayan sensual ....


O ya, bagi Anda yang ingin berepergian ke tempat ini dengan cara bersepeda atau gowes, Anda bisa menemukan tempat ini dengan mudah, yaitu apabila Anda sudah pernah ke lava bantal; maka sebelum Anda turun kearah jembatan lava bantal yaitu tepatnya di posisi makam pinggir jalan silahkan arahkan tujuan Anda kearah selatan yang memang hanya ada jalan satu satunya. Dan apabila Anda sudah selesai menikmati keindahan wisata Embung Kalitirto, dari posisi makam pinggir jalan Anda bisa kearah barat sedikit, disana akan ada warung soto yang cukup lumayan enak dengan porsi yang cukup bagi Anda setelah gowes, karena soto tersebut menyajikannya dengan cara nasinya dipisah ...

Mari berwisata, sambil bergowes ria ...

Cusss!

Berikut ini ada beberapa momen yang sempat saya abadikan melalui kamera saya :

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas