Artikel

Jalur Gowes Kuliner Kota Kota (2)

Selasa, 31 Oktober 2017 | 00:00:00

Apabila pada tulisan saya Gowes Kuliner Kota Kota (1) sudah saya coba uraikan jalur gowes bagi pesepeda pemula yang ingin mencoba gowes dengan jarak tidak jauh, ada pemberhentian wisata dan tempat kuliner yang cukup rekomended maka kali ini jarak gowes sedikit agak jauh dan sedikit bervariasi pula. Dan untuk jalur jalur gowes berikutnya pada tulisan saya selanjutnya saya coba untuk secara bertahap menambah jaraknya  makin jauh.

Untuk mempersingkat waktu karena jalur ini adalah lanjutan jalur  seperti yang sudah saya uraikan pada tulisan saya Jalur Gowes Kuliner Kota Kota (1) maka jalur bersepeda kali ini kita awali dari kilometer nol ataupun sekitaran Kantor Pos Jogja dan menuju kearah selatan yaitu kearah alun alun utara. Untuk sepeda area alun alun utara yang berada didepan Kraton Jogja masih diperbolehkan, untuk itu apabila Anda sudah sampai di depan Kraton Jogja jangan lupa untuk berhenti sebentar mengabadikan momen bersepeda Anda.

Apabila dirasa sudah cukup Anda bisa melanjutkan kayuhan Anda kearah barat menuju Plaza Ngasem dimana plaza ngasem adalah sebuah tempat yang sekarang dibuat semacam panggung terbuka untuk dipergunakan berbagai pertunjukan kesenian dan acara lain. Akan tetapi apabila disana kebetlan tidak ada event, Anda bisa melihat saja sejenak seperti apa panggung kesenian terbuka tersebut, sambil barangkali mencoba merasakan sensasi makanan di sekitar plaza ngasem yang cukup laris manis karena kelezatannya.

Warung makan tersebut berada di paling pojok, ujung selatan timur. Warung yang menyediakan berbagai menu tradisionil berupa sayur brongkos, sayur bobor, sayur genjer yang biasanya pada sekitar jam 08.00 beberapa sayur favoritnya sudah habis atau menipis.

Apabila Anda hanya sekedar menginginkan makanan kecil saja, jangan khawatir disebelah utara warung tersebut ada penjual kue apem yang rasanya cukup enak.

Nah, selepas dari plaza ngasem Anda bisa mengeksplore Taman Sari  yang berada disekitaran tempat tersebut secara detail dengan cara blusukan; apabila tidak tahu jalur blusukannya Anda bisa menanyakan penduduk setempat yang cukup enak dan ramah saat menjawabnya.

Untuk menikmati Tamansari dan area sekitarnya cukup memerlukan waktu yang lumayan, akan tetapi bila Anda hanya ingin seklias saja dengan tetap mengabadikannya beberapa momen perjalanan bisa dilanjutkan ke tempat lain.

Sebelum perjalanan menuju ke tempat lain yang agak jauh dari Tamansari, apabila saat Anda berada di plaza ngasem tidak menyempatkan makan, saya menyarankan untuk mampir ke sebuah rumah makan sebagai alternatif kedua dimana rumah makan tersebut juga cukup laris karena banyak diminat berbagai kalangan termasuk kalangan keluarga Kraton maupun beberapa artis Indonesia. Rumah makan tersebut bernama RM Putra, sebuah Rumah Makan Bali yang menyediakan beberapa makanan halal diantaranya adalah nasi Jinggo, ayam betutu, sate lilit dan beberapa menu lainnya.

Jalur selanjutnya setelah dari Rumah Makan Putra adalah ke Pojok Beteng Wetan bagian dalam dan kita mencoba untuk menjajagi sisi atasnya dimana dari sana kita bisa melihat jalan lurus menuju arah Parangtritis. Dari sini  kita jadi bisa membayangkan tentang pembuatan beteng ini sebagai tempat pengintaiaan dan pertahanan terhadap serangan lawan dari luar Keraton.

Dari sisi timur kita bisa melanjutkan ke barat ataupun menuju plengkung Gading sisi atas dengan cara sepeda kita kendarai, dimana saat kita mengendarai kita jadi bisa melihat rumah rumah disisi kanan kita berada dibawah kita.

Untuk mempersingkat waktu setelah usai kita menikmati suasana di atas beteng ini kita lanjut menuju ke kotagede  melewati plengung gading menuju kearah timur. Adapun di Kotagede banyak sekali yang bisa kita lihat, apabila ingin meng explore secara detail, kita perlu banyak waktu, untuk itu saya mencoba untuk menunjukkan dua tempat saja yang kita tuju dan tentu saja kita dokumentasikan, tempat tersebut adalah Rumah Kalang Rudy Pesik yang mahaluas dan bangunan yang cukup megah dengan cerita panjang yang ada didalamnya seturut perkembangan sejarah kota Jogja dan Makam Kotagede.

Untuk mencari tempat tersebut tidaklah sulit, rumah Pesik berada di sebelah barat pasarkota gede sekitar 500 meter, masuk gang sebelah kiri jalan. Begitu juga untuk menuju ke Makam Kotagede jalurnya tidak terlalu sulit, karena arahnya dari rumah pesik tinggal menuju keselatan dan memutar ke kiri melewati gang gang kecil yang menurut saya cukup mengasyikkan karena kita disuguhi dengan bangunan bangunan klasik tempo dulu meskipun sudah ada beberapa bangunan baru hasil renovasi.

Mengenai makanan disekitar Kotagede setelah warung legendaris Sidosemi yang sudah tutup, saya tidak begitu paham mana yang harus saya rekomendasikan, hanya saja es yang berada di sebelah utara pasar kotagede cukup lumayan untuk Anda coba cicipi sebagai pelepas dahaga.

Atau barangkali Anda bisa mencari makanan kas Kotagede yaitu Kipo.

dan berikut adalah sekilas proses pembuatan Kipo, makanan khas Kotagede yang asal usulnya dari kata iki opo he he he

Terakhir, bila Anda ingin bersepeda pada malam hari  dan menikmati kuliner malam hari; ada makanan yang saya rekomendasikan.

Jogja terkenal dengan Kota Gudeg bukan. Nah tentu saja untuk mencari sentra sentra gudeg sangat mudah. Untuk yang saya rekomendasikan ini sangat berbeda, sebuah makanan yang cukup cocok untuk dinikmati khusus pada malam hari, yaitu terong krispi, dimana terongnya berasa sekali terutama krispinya.

Selain terong krispi dirumah makan ini disediakan beberapa menu lainnya diantaranya adalah ayam, tahu tempe goreng dan juga plencing kangkung yang menjadi andalannya juga.

Nama rumah makannya adalah Rumah Makan Plencing Kangkung yang beralamatkan di Jl Argolubang Baciro atau tepatnya adalah jembatan layang lempuyangan kearah timur sebelah utara pabrik rokok Tarumartani.

Demikian sekilas yang bisa saya sampaikan untuk jalur gowes kuliner kota kota di Jogja baik siang maupun malam.

Semoga bermanfaat

Salam gowes kuliner!

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas