Artikel

Jalur Gowes Kuliner Perbatasan Jogja Kulon Progo

Selasa, 12 Desember 2017 | 00:00:00

Belik Bei Kayangan

Untuk jalur gowes kuliner kali ini saya akan mengulas beberapa tempat dimulai dengan melakukan perjalanan gowes ke destinasi yang cukup menarik dan apik untuk berfoto ria yaitu Belik Bei Kayangan yang jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 25 Km dari tugu Jogja. Untuk mencari tempat ini tidaklah begitu sulit karena jalan menuju kearah Belik Bei Kayangan dari tugu cenderung lurus kearah barat.

Setelah melalui beberapa tanjakan yang menurut saya cukup membuat banyak keluar keringat dan tanjakan, apabila kita menemukan patung sapi dikanan jalan pada sebuah pertigaan silahkan Anda belok kekiri dan Anda susuri sekitar 1,5 hingga 2 KM apabila Anda menemukan gedung sekolah SMP Anda tinggal mengarahkan perjalanan kekiri masuk dalam sebuah gang.

Tidak banyak yang akan saya ceritakan tentang destinasi tersebut, keindahan tempat tersebut saya wakilkan saja dengan gambar berikut ini :

Beberapa kali kesana saya menikmatinya dengan cara lesehan, melihat keindahan alam dan sepoi sepoi angin serta merdunya suara gemericik air sambil menyantap bekal buah buahan yang dibuat lotis yang saya bawa, ditimpali pula suara kecipak kecipuk karena ada beberapa teman yang menikmati kesegaran air , berenang disana ... hmmm ... serasa dunia ini nyaman dan damai, jauh dari keriuhan dan kebisingan mesin dikota.

Setelah dirasa cukup menikmati suasana tersebut, saat pulang kita melalui jalur yang sama dengan saat berangkat; dan apabila Anda ingin mencari makan disaat pulang Anda bisa mampir dipasar kenteng dimana disana ada penjual soto yang cukup lumayan rasanaya. Selain warung soto ada warung alternatif yang sangat saya rekomendasikan yaitu Geblek Pari Nanggulan, yang ulasan lengkapnya adalah sebagai berikut ...

Geblek Pari Nanggulan.

Geblek Pari Nanggulan adalah sebuah warung yang operasi atau bukanya belum lama yaitu sekitar bulan Oktober 2017. Akan tetapi karena lezatnya setiap masakan warung yang baru dua bulan ini sudah banyak didatangi orang dari berbagai pelosok melalui kabar dari bibir ke bibir

Di geblek Pari Nanggulan tidak ada menu khusus, selain geblek, tempe mendoan dan pisangnya yang kadang kita pesan sebagai makanan tambahan.

Lalu apa istimewanya kalau tidak ada menu masakan khusus disana ?

Sesuai penuturan pemiliknya yang cukup ramah dan simpatik  saat menemui dan berbincang cukup lama dengan saya dan teman teman; menu masakan di Geblek Pari Nanggulan menyesuaikan stok sayuran yang ada di pasar Kentheng pada setiap harinya; jadi sayuran  apa yang ada di pasar Kenteng ya sayur itulah yang dimasak.

Kebetulan pada saat disana saya mencoba sayur kesukaan saya yaitu brongkos, sedangkan beberapa teman saya ada yang mencoba sayur gori, sayur daun singkong dicampur jantung pisang, pindang goreng dan rica rica ceker ayam.

Dari semua yang disantap, semua sepakat bahwa rasa masakannya cukup istimewa; bahkan saya yang suka brongkos dan langganan di sebuah warung makan brongkos, merasakan bahwa brongkos di geblek pari nanggulan ini punya rasa lebih ...

Pada intinya, apabila Anda mencari makanan tertentu yang menjadi favorit Anda, disini memang belum tentu menemukan; akan tetapi apabila Anda ingin merasakan rasa istimewa pada setiap masakan, disinilah tempatnya!

Belum lagi didukung dengan suasana semilir sekitar yang merupakan persawahan yang luas dan pemandangan pegunungan yang indah. Untuk itulah karena dekat dengan persawahan yang luas, warung yang menyediakan tempat outdoor dan indoor ini dinamai geblek pari nanggulan

Satu hal yang paling penting, meski tempat dan masakan cukup istimewa; harganyapun menurut saya  relatif murah ...

Lokasi geblek pari nanggulan tidak sulit untuk dicari, sekitar 500 meter barat pasar kenteng, disebelah utara ada papan petunjuk besar yang bertuliskan geblek pari, jalur masuk ke utaranyapun juga ada beberapa papan petunjuk yang bertuliskan genlek pari hingga Anda menemukan tempatnya di kisaran kurang dari 1 KM.

Satu hal lagi, disekitar geblek pari ternyata banyak keindahan yang kita eksplore dan itu bisa menjadi tambahan destinasi apabila Anda habis pergi ke suatu tempat, semisal dari Belik Bei kayangan. Akan tetapi bagi saya melakukan gowes kuliner ke geblek pari nanggulan rasanya lebih puas bila satu tujuan ini saja karena saat saya dua hari yang lalu ke tempat ini tidak terasa memerlukan banyak waktu untuk mengeksplornya, barangkali juga karena saya dan teman teman lebih suka melakukan perjalanan gowes secara #woles atau secara santai dengan cara setiap kali ada titik bagus untuk berpose ria, kami selalu berhenti, sambil ditimpali pula dengan saling berusil ria sehingga harus banyak waktu yang kami perlukan ...

Berikut beberapa foto yang sempat saya ambil, foto foto yang lain bisa dilihat dengan klik  link ini

 

.

.

.

.

Buk Renteng “Van der Vijk”

Jalur Gowes Kuliner lain yang bisa Anda lakukan adalah Buk Renteng “Van der Vijk” yang lokasinya bisa dicari dengan mengarahkan perjalanan gowes Anda dari Tugu kebarat, dikisaran Jl Godean KM 4 atau tepatnya di lampu merah perempatan gedongan langsung saja belok ke utara; dikisaran 5 sampai dengan 6 KM Anda akan menemukan buk renteng peninggalan Belanda tersebut.

Perjalanan lain yang lebih asyik adalah blusukan, yaitu Anda bisa melewati Gubuk  Makan iwak kalen di Jl Godean KM 9 ke utara, begitu pula saat pulang, Anda bisa lewat dan mampir menikmati berbagai masakan ikan disana.

Ancol Bligo / Warung Wader Mbah Juri

Yang terakhir jalur gowes kuliner ke Jogja bagian barat adalah ke Ancol Bligo seperti yang pernah saya tulis dengan judul Bersepeda ke Ancol, Sebuah Perjalanan Menyusuri Kebesaran Sabda

Mengenai tempat kuliner jalur ini adalah saat pulang, dimana kalau saya pada saat itu sepeda saya angkat ke menyeberang dam ataupun tempurann muara ancol bligo buatan Belanda dan menuju ke jalan Kalibawang dimana disana ada warung wader mbah Juri Jl Gua Maria Banjarejo Kalibawang Kulon Progo.

Demikian sekilas informasi jalur gowes kuliner Jogja bagian barat

Selamat bergowes kuliner

Cuss!

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas