Artikel

Wisata di sumber air yang melimpah

Senin, 02 November 2015 | 00:00:00


Sleman adalah salah satu kabupaten yang berada di wilayah DIY paling banyak sumber airnya. Ada beberapa tempat diantaranya sudah saya tulis di web saya beberapa saat yang lalu.
Di karenakan saking melimpahnya sumber air, maka ada sebuah daerah yang dinamai dengan kata yang mengandung air. Tempat tersebut adalah di kawasan Sleman timur. Dan nama nama tersebut adalah Tegaltirto, Sendangtirto, Jogitirto, Kalitirto dimana Tirto artinya adalah air ...
Namun, untuk kali ini saya tidak mengupas tentang sejarah penamaan tempat tersebut melainkan ingin menulis tempat lain yang selain cukup menarik untuk dijadikan tujuan wisata juga merupakan sebuah tempat yang sumber airnya sangat melimpah; dimana karena kecerdasan penduduk setempat sumber tersebut dimanfaatkan sebagai lokasi tujuan wisata.
Semenarik apakah tempat tersebut, silahkan Anda ikuti perjalanan wisata saya; sebuah perjalanan yang sebenarnya lebih menyenangkan dan berkesan bila dilakukan dengan cara bersepeda bersama kawan kawan!
.
Sebagaimana saya katakan diawal bahwa perjalanan ini akan lebih menarik bila kita lakukan dengan bersepeda dengan kawan kawan maka saya awali perjalanan menuju ke tempat tersebut dengan menentukan titik start/kumpul dulu, dengan maksud agar bagi yang bukan penduduk asli Jogja dan menyukai gowes akan terpandu dan sedikit mudah saat mencari tempat ini.
Dan menurut saya, titik start yang paling representatif adalah Tugu Jogja, sebuah tempat yang cukup mudah karena cukup terkenal.
Sebagaimana saya jelaskan diawal tempat wisata yang saya maksudkan ini adalah wisata air berupa tempat berenang dan bermain yang sumber airnya murni dari alam tanpa ada bahan kimia yang dibubuhkan kedalam kolam tersebut, karena memang di tempat ini banyak sumber air atau kalau dalam bahasa jawanya “belik” yang mengeluarkan air dalam jumlah yang tidak terbatas dan ada di beberapa tempat.
Untuk bisa sampai ke tempat ini kalau dari tugu kita menuju arah barat dan yang kita tuju adalah pasar Godean, yang jaraknya sekitar 8 sampai 9 KM.
Apabila sudah menemukan pasar Godean, silahkan arahkan perjalanan Anda kekanan atau menuju arah utara hingga dikisaran 4 – 5 KM maka Anda akan menemukan sebuah tulisan besar petunjuk arah yang cukup besar dan jelas seperti gambar berikut ini :

# Petunjuk arah menuju Desa Wisata Budaya yang terlihat besar dan begitu jelas 


Nah, dari posisi papan petunjuk arah atau jalan raya tersebut sudah cukup dekat bukan, tinggal satu dua kayuhan he he he

Desa Wisata Budaya Grogol yang masuk di wilayah Margoluwih sayegan Sleman ini adalah sebuah tempat yang sebenarnya diperuntukkan sebagai arena/acara outbound, dimana disana disediakan berbagai arena permainan yang cukup menarik dan ada juga yang menantang, diantaranya adalah :
Jembatan kecil dari kayu yang dirangkai dengan kawat besi di atas air yang cukup mengasyikkan untuk melatih keseimbangan saat berjalan menyusuri jembatan tersebut


Arum jeram, yang mempergunakan sungai yang mengalir deras melewati tempat itu.
Selain hal diatas, bila kita mengikuti kegiatan outbound sesuai ketentua maka akan ada beberapa permainan yang sebelumnya dilakukan termasuk diantaranya adalah melatih keseimbangan dengan melakukan penyeberangan di jembatan kayu yang berada diatas kolam.


Dan mengakhiri semua kegiatan adalah dengan mandi atau bagi yang suka berenang bisa melakukannnya di kolam renang yang sudah disediakan beserta alat alatnya, dimana kolam ini airnya selalu fresh karena selalu berganti dengan sistim mendapat air dari aliran “belik” dan membuangnya dalam tumpahan yang sudah disediakan.


Sebagaimana yang saya jelaskan, memang tempat ini dikhususkan sebagai arena outbound denga perhitungan perpaket yang berbeda beda, termasuk bila menginginkan untuk menginap, baik menginap di rumah penduduk ataupun di alam sekitar tempat tersebut. Akan tetapi saat saya berkunjung disana, pengelola disana memperbolehkan untuk masuk beserta dengan sepedanya. Selain saya , banyak yang datang ke tempat itu sekedar kongkow kongkow saja di gubug gubug yang disediakan
Selain kongkow kongkow, ternyata saya juga diperbolehkan untuk mandi berenang di kolam tersebut ...
Hmmm begitu segarnya bisa berenang sambil mendengan gemericik air dan memandang kesegaran alam sekitar ...


So, Anda tertarik ?


Silahkan dicoba untuk bersepeda sambil membawa pakaian renang; karena setelah perjalanan bersepeda rasanya akan segar bila dilanjutkan dengan berendam di kesegaran air alami ...

Komentar Untuk Berita Ini (2)

  • Bagus Gowes Selasa, 03 November 2015

    seger banget liatnya.. pengen berendam di musim kemarau ini. :)

  • aan ardian Senin, 02 November 2015

    Sleman menyimpan potensi wisata yang bersifat lokal sehingga ini menjadi potensi pemberdayan warga agar tidak mudah diapusi investor yang kotor

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas